Sampah Tidak Selamanya Sampah

Sampah Tidak Selamanya Sampah

Porjo-Pada era sekarang ini, dapat kita jumpai hampir semua produk makanan yang dijual di pasaran dikemas menggunakan plastik. Semakin meningkat kebutuhan pangan masyarakat, semakin meningkat pula sampah plastik yang dihasilkan dari kegiatan konsumsi ini.

Masalah ini disadari oleh kelompok PKK Desa Roworejo. Melihat banyaknya sampah disekitar lingkungan rumah, menumbuhkan sebuah ide untuk mengolah kembali sampah plastik tersebut menjadi sebuah benda baru yg berguna. Lewat tangan – tangan lihai para anggota PKK, sampah yg tadinya hanya dibuang sembarangan berubah menjadi tas dan dompet yang cantik.

Narasumber kami, Mujiharti (58) mengungkapkan “Kami melihat banyak sampah bekas makanan disekitar kami. Seperti bungkus kopi, jajanan anak, dan produk makanan lain. Kami pun mencari referensi, bagaimana caranya, sampah – sampah ini dapat berkurang dan dapat digunakan lagi. Mulai lah kami mengkreasikannya menjadi tas dan dompet yang dapat kami pakai sehari – hari”

Rupa kemasan yang beragam juga dimanfaatkan untuk mendapatkan pola tas dan dompet yang menarik. Seperti bungkus jajanan anak yang bergambar kartun. Dapat kita ambil bagian tersebut, dan membuat tas terlihat lucu dengan gambar gambar kartun dari kemasan yang digunakan. (Riri-AB4A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *