MUSIM RESTOCK BAHAN PANGAN

MUSIM RESTOCK BAHAN PANGAN

Porjo,Grabag-Musim panen di daerah Purworejo telah dimulai sejak seminggu yang lalu. Hingga kini masih banyak terlihat petak petak sawah dengan padi yang telah siap dipanen, dan beberapa petak lain dengan padi yang masih terlihat hijau. Hal ini menandakan masa panen di Kabupaten Purworejo terutama wilayah Grabag masih relatif lama.
Dibutuhkan setidaknya 6 orang untuk menyelesaikan proses panen sepetak sawah dalam sehari.

Dimulai dari memotong batang padi, memisahkan bulir gabah dari tangkai keringnya, hingga mengumpulkan padi tersebut kemudian dibawa ke pemilik sawah untuk ditimbang dan penghitungan upah harian. Seperti yang disampaikan oleh Sumarto (55) “Saya dihari biasa hanya mengurus ternak dan sawah saya sendiri pun tidak luas. Musim panen adalah suatu sumber rejeki yang sangat ditunggu oleh para buruh seperti saya”.

Musim panen tidak hanya membawa rejeki bagi para buruh panen dan petani. Salah satu pihak lain yang merasakan kebahagiaan panen padi adalah para pedagang karung beras dadakan yang bisa kita jumpai di pinggir jalan atau dci sekitar pasar tradisional. Kebahagiaan masa panen ini juga dirasakan oleh para pedagang.

Masyarakat yang mendapatkan penghasilan dari panen ini biasanya akan meningkatkan frekuensi belanjanya setelah masa panen. Dapat kita sebut musim panen adalah dimana perputaran ekonomi di daerah pedesaan terjadi dengan kencangnya. Para buruh yang penghasilannya bertambah, pemilik sawah yang pemasukannya sedang tinggi, hingga pihak pihak lain yang tidak terlibat dalam panen pun merasakan panennya.

Hasil yang diperoleh dalam panen musim ini pun relatif lebih sukses dari beberapa musim sebelumnya. Margito (74) “Harga jual gabah yang masih basah sekarang sekitar Rp 4.400/kg. Itu sudah cukup tinggi untuk ukuran gabah yang masuh basah”. . Walau angin kencang sering bertiup, namun dapat disyukuri tidak ada hujan besar yang mengkibatkan ambruknya tanaman padi, atau hama merajalela yanmg sering meresahkan petani. Restu Mentari (33161004)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *