Geblek Purworejo

Geblek Purworejo

PURWOREJO– Terlatak di Desa Maron olahan jajanan has purworejo ini di produksi geblek namamakankhas dari kota puroworejo ini. “Geblek” merupakan salah satu makanan tradisional dari Purworejo yang berbahan baku dari singkong/ketela ditambah bumbu bawang putih, sari kelapa, dan beberapa rempah-rempah. Geblek memiliki cita rasa yang unik, rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal lembut membuat kita merasa ketagihan saat memakannya. Sebernanya wujud dari geblek ini hampir sama seperti cireng makanan tradisonal Jawa Barat, yang membedakan hanya komposisinya.

mampu menjadi makan enak lewat tanggan trampil warga maron salah satu umkm yang menaungi ini adalah EZYA “kitchen” kendander maron.

Pratiwi Al Rafaezya (tiwi) ,selaku pemilik mengatakan bahwasanya saya membuat home industri ini untuk memberdayakan masyarakat desa saya supaya produksi nya di akui di halayak rame.saat ini memang di kabupaten purworejo sedang di gencarkan produksi umkm untuk lebih mengangkat potensi industri lokal yang lebih baik lagi, melalu umkm di nyatakan bahwa bisa menekanangka penganguran 25% ,

geblek yang ia jual di promosikan lewat sosmed ini , per mikannya 5 ribu ini sedangkan ia menjual perkilo seharga 20 ribu. mampu menyedot banyak pembeli yang menyukai geblek yang ia pasarkan.

. Makanan tradisional memang pantas untuk dilestarikan. Dewasa ini makanan tradisional mulai banyak digemari dari kalangan muda hingga dewasa. Tidak heran sekarang makanan tradisional menjadi menu favorit diberbagai acara seperti kumpul keluarga, arisan,  hingga acara-acara besar seperti pernikahan di gedung, rapat instansi dll.

dan paling enak bila di santap di sore hari saat hangat dengan balutan bumbu kacang di temani secangkir kopi atau teh hangat. (Putri)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *