UKM KORPS SUKARELA PMI UNIT POLSA ADAKAN DIKLAT

UKM KORPS SUKARELA PMI UNIT POLSA ADAKAN DIKLAT

Kutoarjo, PorJo – UKM Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo mengadakan pendidikan dan pelatihan dasar (DIKLATSAR) anggota pada tanggal 29-30 Desember 2018. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk jiwa mahasiswa yang sesuai dengan tujuh prinsip dasar palang merah Internasional, dan melakukan regenerasi kepengurusan dan keanggotaan UKM KSR PMI unit Politeknik Sawunggalih Aji. Jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 16 mahasiswa yang berasal dari Program Studi Akuntansi, Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Administrasi Bisnis.

Foto by KSR PMI unit POLSA

Pendidikan dan pelatihan anggota ini dilaksanakan di desa Karang Duwur Kecamatan Kutoarjo. Materi pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa adalah kepalangmerahan, management bencana, PP dasar, PP assesment, BHD & RJP, pendarahan dan syok, kedaruratan medis, dan evakuasi.

Foto by KSR PMI unit POLSA

Selain mendapatkan materi, peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktekan materi penanganan bencana. Kegiatan dilanjutkan dengan jalan malam pada tanggal 30 Desember 2018  pukul 01.00. Jalan malam bertujuan untuk membentuk mental dan fisik anggota baru karena pada kondisi bencana alam, situasi alam tidak bisa diprediksi sehingga fisik dan mental para relawan harus dipersiapkan. Peserta diwajibkan untuk menyelasaikan setiap tugas pada beberapa pos yang tersebar sepanjang rute jalan malam. Tugas bagi peserta adalah menyelesaikan beberapa soal mengenai materi pendidikan dan pelatihan.

Foto by KSR PMI unit POLSA

 

Foto by KSR PMI unit POLSA

Untuk memperdalam materi yang sudah diberikan, diadakan simulasi tanggap darurat bencana. Simulasi kali ini mengambil tema gempa bumi. Simulasi tersebut bertujuan agar para calon anggota Korps Sukarela menjadi lebih peka, sigap dan peduli terhadap bencana yang terjadi. Koordinasi yang dilakukan diharapkan mampu melatih calon anggota KSR untuk menjalin kerjasama.

Komandan KSR PMI Unit Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo, Wiji Fitriani (21) yang merupakan mahasiswa Teknik Informatika semester 5 Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo mengungkapkan harapannya bahwa dari kegaiatan diklat KSR akan membentuk relawan-relawan yang aktif dan peduli. Kegiatan diklat mendapatkan apresiasi positif dari peserta. Beberapa peserta menyatakan bahwa diklat tersebut sangat membantu untuk mengembangkan skill selama belajar dan untuk diaplikasikan di masyarakat.

“Kesan dari diklat KSR adalah kita dapat mengetahui bagaimana caranya berjuang bersama, saling membantu dalam perjalanan yang melelahkan. Kita juga diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan penanganan korban dan diberi pemahaman serta gambaran tentang bencana alam” ungkap Nabila (19) mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Semester 1.

Siska AB 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *