LANGKAH ASIK UNTUK CANTIK

LANGKAH ASIK UNTUK CANTIK

Porjo,Grabag-Dunia kosmetik terus berkembang dan berinovasi untuk menjawab kebutuhan para konsumen yang mayoritasnya adalah wanita. Kebutuhan atas penampilan menarik merupakan salah satu faktor semakin meningkatnya permintaan terhadap produk kosmetik. Semakin ketat pula persaingan para produsen kosmetik untuk menarik minat para calon konsumen. Sebagian merupakan konsumen baru yang masih akan belajar mengenai kosmetik, dan sebagian lagi adalah para konsumen yang sudah lama akrab dengan kosmetik. Kosmetik dibedakan menjadi 2, yaitu personal care dan make up. Untuk para pemula, biasanya akan mulai dengan penggunaan produk personal care.

Produk personal care dapat dibedakan lagi menjadi hair care (perawatan rambut), dan skincare (perawatan kulit). Masing – masing jenis personal care mempunyai tata cara penggunaan yang berbeda. Tata cara ini harus diikuti oleh konsumen, agar produk personal care yang digunakan dapat bekerja secara maksimal. Kesalahan yang umum dilakukan oleh konsumen baru adalah saat menggunakan skincare untuk wajah. Kesalahan ini berupa pemakaian skincare yang urutannya salah, atau cara pengaplikasian skincare yang tidak tepat.

Sebelum menggunakan berbagai jenis skincare untuk wajah, konsumen wajib memahami dan menerapkan terlebih dahulu penggunaan skincare dasar yaitu CTMP. CTMP adalah singkatan dari Cleansing, Toning, Moisturizing, Protecting. Penjelasan dan penggunaan produk – produk CTMP secara tepat adalah sebagai berikut :

Cleansing


Cleansing atau membersihkan adalah tahap pertama dalam penggunaan skincare. Membersihkan wajah sangat penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti jerawat. Selain itu, membersihkan wajah juga penting agar produk skincare lain dapat menyerap dengan sempurna.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pembersihan dapat dilakukan 2 kali. Pembersihan pertama menggunakan micellar water / milk cleanser / cleansing oil yang kemudian diseka dengan kapas. Setelah itu dilanjutkan dengan penggunaan face wash, untuk membersihkan lebih dalam dan menghilangkan residu atau sisa produk pembersih yang pertama.

Toning


Toning atau toner berfungsi untuk mengembalikan pH kulit yang dapat berubah karena penggunaan face wash. Toner juga dapat difungsikan sebagai pembersih setelah face wash, contohnya untuk membersihkan sisa serat handuk yang menempel di wajah. Fungsi toner juga sebagai pemberi kelembaban atau menghidrasi kulit, karena face wash dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya dan membuat kulit kering.
Kulit yang kering akan sulit menyerap skincare yang diberikan, dan dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua. Kulit kering juga menimbulkan kulit mengelupas berwarna putih yang akan menganggu penampilan. Tidak hanya mengganggu penampilan, kulit kering juga akan lebih sulit untuk dirias.

Moisturizing


Moisturizing atau melembabkan adalah langkah setelah menggunakan toner, atau produknya sering dikenal dengan nama pelembab. Apabila toner berfungsi untuk memberi kelembaban atau menghidrasi, maka fungsi pelembab adalah mengunci kelemababan tersebut. Tanpa menggunakan pelembab, kadar kelembaban yang diberikan oleh toner akan menghilang seiring dengan keringnya toner.
Maka dari itu, penggunaan moisturizer atau pelembab yang benar adalah sebelum toner kering. Sifat toner yang cepat kering mengharuskan konsumen harus segera mengaplikasikan pelembab ke wajah. Cukup tunggu toner meresap selama 3-5 detik, atau saat kulit masih lembab lalu gunakan pelembab atau moisturizer.

Protecting


Tahap skincare dasar yang terakhir adalah protecting atau melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan sunblock atau sunscreen. Sinar matahari mengandung UV A dan UV B yang dapat memperburuk kondisi kulit. UV A (aging) akan menyebabkan kulit mengalami penuaan, yang ditandai dengan flek hitam dan kerutan. UV B (burning) yang menjadi penyebab menggelapnya warna kulit setelah cukup lama berada di bawah sinar matahari. Selain kulit yang bertambah gelap dan penuaan, sinar matahari juga dapat menyebabkan jerawat sulit untuk sembuh.

Letak Indonesia yang berada di jalur katulistiwa dan beriklim tropis, menyebabkan Indonesia menerima sinar matahari yang cukup kuat. Hal ini yang semakin menguatkan alasan bagi warga Indonesia untuk selalu menggunakan sunblock atau sunscreen. Pengaplikasian produk ini untuk wajah adalah setelah pelembab meresap dengan sempurna. Setelah sunblock atau sunscreen ini meresap, konsumen dapat melanjutkan dengan memakai make up dan siap menjalani kegiatan sehari – hari.

Penting untuk memilih produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit. Konsumen dengan kulit berminyak menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak, dan begitu pula untuk pemilik kulit kering yang harus menggunakan produk khusus untuk kulit kering. Penggunaan skincare yang tidak sesuai jenis kulit malah akan menambah masalah kulit baru. (Restu-AB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *