GULA SEMUT PURWOREJO KEMBALI TEMBUS ARGENTINA

GULA SEMUT PURWOREJO KEMBALI TEMBUS ARGENTINA

BUTUH, Porjo – Setelah sebelumnya sukses mengirim ke pasar Amerika Serikat pada Januari 2018 dan masuk ke Argentina pada September 2018, Senin kemarin (04/02) gula semut dari Purworejo untuk kedua kalinya diekspor ke Argentina. Dengan kapasitas produksi mencapai 40 ton per bulan, produk gula semut atau gula kelapa kristal dari PT Adirejo Cocos Nucifera Indonesia ini mampu memenuhi kuota untuk pasar ekspor. Untuk pasar luar negeri tersebut, Nucifera telah memenuhi standar organik dan spesifikasi kelayakan produk gula kelapa kristal organik dengan bersertifikat Control Union Nederland.

Disampaikan pula oleh Manajer Operasional Nucifera – Sri Hartati (45) bahwa sejak merintis usaha pada tahun 2011, pihaknya sudah mentargetkan produk untuk mampu menembus pasar internasional. Ditegaskan pula bahwa perluasan pasar internasional juga akan dilakukan secara bertahap untuk produk-produk lain seperti Minyak Goreng Kelapa RBD, VCO dan Decicated Coconut.

Gula kelapa kriatal organik saat persiapan ekspor ke Argentina

 “Medio Februari ini kami akan berangkat ke Jerman untuk mengikuti pameran  Biofach. Kita optimis, produk-produk dari Purworejo akan semakin berkibar di pasar Internasional,” tegas istri dari Sarjono ini.

Membina Petani Kelapa di Purworejo dan Kebumen

Kepada Porjo, Sri Hartati menceritakan bahwa untuk memenuhi standarisasi internasional, maka produk gula kelapa kristal harus memenuhi kualifikasi organik.  Oleh karena itu pihaknya sudah sejak lama membina petani-petani kelapa di berbagai wilayah di Purworejo dan kebumen. Pembinaan itu salah satunya terkait kualifikasi dan sertifikasi lahan serta buah kelapa yang dihasilkan.

“Di Purworejo kami membina petani dan pemilik kebun kelapa di wilayah Kaligesing dan Bagelen.  Termasuk di wilayah kebumen, kami sudah mensertifikasi lahan organik yang kami kelola di wilayah Karangbolong, Jladri, Pasir, Banjarharjo, Karang Duwur, Tlagasari, Binangun, dan Jintung,” terangnya saat dikonfirmasi oleh PorJo.

Setelah gula kelapa kristal organik dari Nucifera mampu menembus pasar Internasional, minyak goreng kelapa yg baru diproduksi dalam 3 bulan ini, sudah mampu menembus pasar Jabotabek, Solo, Purwokerto, Banyumas dan Semarang.

“Hal ini menjadi salah satu wujud komitmen kami untuk selalu membudidayakan produk lokal menjadi produk yang berkualitas internasional sehingga mampu membawa nama daerah kita sendiri (Purworejo – red.) khususnya dan Indonesia ke tingkat internasional.

Sri Hartati juga menambahkan bahwa untuk produk VCO sudah menembus distributor pasar2 Retail modern dan Apotik di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur hingga Jabotabek.(afy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *