Menjamurnya bisnis cafe di Kabupaten Purworejo

Menjamurnya bisnis cafe di Kabupaten Purworejo

Purworejo – Bisnis cafe di Kabupaten Purworejo terus tumbuh pesat sehingga patut diperhitungkan sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan di era modern ini. Saat ini lebih dari 10 cafe di Purworejo yang diprediksi masih akan terus tumbuh.

General Manager Koftee Cafe, Yosef Arie mengatakan, Purworejo merupakan pasar besar untuk bisnis cafe. Sebab, kelas menengah terus tumbuh dan Kabupaten Purworejo mempunyai penduduk yang sangat banyak.

“Kelas menengah terus tumbuh dan di Kabupaten Purworejo kita merupakan demografi terbesar dan pendapatan masyarakat terus tumbuh. Ini terus mendorong konsumsi kopi atau teh di cafe-cafe,” ucap Yosef.

Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat Kabupaten Purworejojuga terus mendorong pertumbuhan industri cafe. Banyak kalangan yang memilih rapat di cafe sambil meminum kopi.

“Sekarang cafe bukan hanya untuk nongkrong, tapi sudah jadi tempat meeting (rapat),” katanya.

Masyarakat Kabupaten Purworejo merupakan tipe masyarakat yang tingkat konsumtifnya paling tinggi. Dominannya, masyarakat Kabupaten Purworejo yang bergaya hidup konsumtif ada dalam bidang kuliner, konsumen pun tak hanya dari orang – orang kelas atas, dilihat dari mahasiswa/pelajar banyak yang mengunjungi tempat – tempat kuliner. Tak heran jika berbisnis di bidang kuliner saat ini kian marak digeluti oleh para pengusaha. Seperti misalnya pengusaha yang mendirikan cafe-cafe. Menurut saya adalah hal yang wajar ketika cafe sangat diminati dan sering dikunjungi oleh konsumen, selain faktor selera masyarakat dan tingkat konsumtif yang tinggi, usaha café terutama di kota-kota besar sangatlah meyakinkan. Pasalnya cafe merupakan tempat makan yang asik sembari bersantai dan berbincang-bincang bersama teman, cafe juga tempat paling nyaman untuk menghindari hiruk pikuk kota dan kejenuhan para pekerja kantoran bahkan pekerja kantoran sering menjadikan cafe sebagai tempat untuk meeting dengan rekan kerja bisnisnya. Ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan seorang pengusaha.

Banyak pengusaha yang mendirikan cafe, tetapi tidak banyak pengusaha yang dapat berinovasi dan menuangkan kekreatifannya untuk membuat cafe yang unik dan menarik untuk dikunjungi konsumen. Misalnya di kota Purworejo ini, hampir sebanyak ratusan cafe yang tersebar. Dan dengan konsep yang berbeda-beda menjadikan orang semakin penasaran dan ingin mencoba satu persatu berbagai cafe yang ada di kota Purworejo ini. Banyak macam cafe mulai dari yang berkonsep tradisional sampai yang berkonsep modern, makanan yang dijual pun berbeda-beda ada yang menjual makanan asli daerah sampai kepada makanan khas luar negeri. Keberagaman ini membuat para pengusaha semakin bersaing untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Dengan  menarik konsumen dari berbagai kalangan, dari yang muda hingga yang tua bisnis cafe pun dapat dijadikan patokan bisnis yang sangat menjanjikan.

Persaingan antara cafe baru dan cafe lama pun semakin menonjol, cafe yang baru dibuat akan  mempromosikan dan mengenalkan menu-menu baru kepada konsumen dengan harga – harga promo yang menarik. Sedangkan cafe yang sudah lama berdiri harus tetap mempertahankan bagaimana caranya cafe tersebut tetap eksis dan mempertahankan kesuksesannya walaupun persaingan cafe – cafe baru kian menjamur. Oleh karena itu, pengusaha dituntut untuk membuat strategi/manajemen  bisnis yang baik, dan mempertahankan konsep /ide-ide unik demi kemajuan sebuah cafe. Tak mudah untuk menjadikan usaha cepat sukses, butuh cara, waktu, proses, strategi dan juga ide yang luar biasa.

Dalam menjalankan bisnis cafe sumber utama apakah bisnis cafe itu berjalan  mulus atau tidak adalah dari pelanggannya/konsumennya. Penilaian konsumen juga bukan hanya dari citra rasa, akan tetapi dari aspek kinerja manajemen, pengelolaan tempat, pelayanan, lokasi, fasilitas dan lain sebagainya. Jadi yang dapat menarik pelanggan adalah bagaimana caranya membuat pelanggan senantiasa datang kembali tanpa rasa bosan. Berikut akan saya paparkan sedikit tips bagi calon pengusaha maupun pengusaha tentang “apa saja faktor pendukung sebuah usaha cafe bisa masuk pasaran nasional”

1.Memilih tempat strategis, biasanya dipinggir jalan di tengah kota.

2.Membuat dan menjaga citra rasa hidangan yang memuaskan konsumen.

3.Mempromosikan usaha cafe melalui media atau saat ini jejaring sosial pun digunakan sebagai wadah promosi/iklan.

4.Memberikan fasilitas tambahan di dalam cafe, misalnya seperti wifi, music show, dan lain – lain.

5.Dekorasi yang nyaman membuat pelanggan senantiasa betah lama untuk berada di cafe tersebut, dan kembali memesan menu – menu yang tersedia.

Inilah alasan saya mengapa bisnis cafe sangatlah menuntungkan di era saat ini dan sedikit pemahaman untuk membantu berkembangnya usaha cafe.

Reporter : Ria Oktafia

Mahasiswa D3 Administrasi Bisnis Politeknik Sawunggalih Aji (POLSA)  Kutoarjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *